Profil pelajar Pancasila dirancang untuk
menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta
didik dengan profil (kompetensi) seperti apa
yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan
Indonesia.
Dalam konteks tersebut, profil pelajar Pancasila
memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi
fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi
Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan
dalam hal penanaman karakter yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi profil pelajar Pancasila
memperhatikan faktor internal yang berkaitan
dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa
Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan
dengan konteks kehidupan dan tantangan
bangsa Indonesia di abad ke-21 yang sedang
menghadapi masa revolusi industri 4.0.
Selain itu, Pelajar Indonesia juga diharapkan
memiliki kompetensi untuk menjadi warga
negara yang demokratis serta menjadi manusia
unggul dan produktif di abad ke-21. Oleh
karenanya, Pelajar Indonesia diharapkan dapat
berpartisipasi dalam pembangunan global
yang berkelanjutan serta tangguh dalam
menghadapi berbagai tantangan.
Profil pelajar Pancasila memiliki beragam
kompetensi yang dirumuskan menjadi
enam dimensi kunci. Keenamnya saling
berkaitan dan menguatkan sehingga upaya
mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh
membutuhkan berkembangnya seluruh dimensi
tersebut secara bersamaan. Keenam dimensi
tersebut adalah:
Beri Komentar